Kamis, 17 Desember 2015

Dunia kita yang Absurd (LDR2)

Berawal keisenganku dengan dunia maya dan layanan chatting. aku membuat akun di beberapa situs layanan chat. dari keisenganku aku mengenalnya. Dia seseorang yang sekarang menjalani status denganku. status??? ku anggap itu status. Meskipun terkadang aku bingung dengan hal ini. Lemuel Absalom dengan Napitupulu sebagai marganya. ya, aku menjalani sebuah hubungan dengan El. Namun, aku tak tahu harus ku arahkan kemana hubungan ini. Seperti berjalan tanpa ada tujuan. Tujuan untuk berhenti dan sebagai puncak dari perjuangan yang diperjuangkan selama ini. aku dan dia berbeda. ya, berbeda segala hal. Perbedaan umurku dan El 6 tahun lebih tua dia. Perbedaan gender dia laki-laki dan aku perempuan. Perbedaan suku, dia batak dan aku madura. perbedaan-perbedaan itu hanya perbedaan yang bisa dipersatukan. Tetapi, untuk perbedaan ini yang membuat aku berfikir tak akan ada "Dunia Kita". ya,,,perbedaan agama yang membawa status ini menjadi cerita Love Different Religion. Bingung harus menyebut hal ini apa. apakah ini pantas disebut hubungan atau hanya status saja. Terkadang aku membandingkan perbedaan itu dan membayangkan hal yang dia lakukan dan aku lakukan dalam kepercayaan yang aku pegang. 
Al Qur'an untukku dan Alkitab untukmu Lemuel
Tasbih digenggamanku dan Salib dilehermu
Masjid sebagai tempat ku untuk bersandar dalam sujudku
dan..
Gereja sebagai tempatmu untuk mencurahkan segalanya
Perbedaan itu telah aku sadari saat awal perkenalan aku dengan El. Saat dia menyebutkan namanya aku sudah  tahu kalau nama itu identik agama atau kepercayaan yang dipeluknya. Benar dugaanku. dengan rasa penasaran. aku mencari arti dari nama EL. Arti nama El keselurahan yaitu laki-laki sebagai bapa pembawa kedamaian yang selalu berbakti kepada Tuhan. Meskipun begitu aku tetap menjalani perkenalan denganya. semakin hari semakin dekat. dengan bertambahnya waktu aku dan El saling mengenal satu sama lain. Dari makanan kesukaan, kebiasaan masing-masing saat pagi hari, sampai kita saling mengingatkan waktu ibadah. aku mengingakatkan El kegereja tiap hari minggu dan El mengingatkanku bila tiba waktunya untuk aku sholat. El dan aku tak merasa sungkan saat harus saling menanyakan. apa yang kamu lakuin saat ibadah. atau cara berdoamu gimana sih??. tapi yang sering bertanya tentang semua itu aku. El ternyata sedikit memahami tentang Agama Islam yang aku peluk. sedangkan aku hanya sedikit yang aku tahu tentang ibadahnya dengan Tuhan. 
"aku pernah kepernikahan di gereja gitu. mereka beribadah sambil menyanyi ya? tanyaku kepada El 
"gene looh. sama seperti yang kamu lakuin juga. hmm sholawatan kalau yang kamu lakuin. dalam sholawat itu kan terselip doa-doa juga kan. sama yang aku lakuin di gereja. ya, pengertian lebih sederhananya gitu lah." jelas el kepadaku
"kamu bisa gak sih baca al qur'an?" pertanyaku agak aneh yaaa....
"bisa"jawab dia singkat
"serius bisa?"tanyaku kaget
"ya bisa tapi cuma ngerti alif ba ta gitu doang."lanjutnya
"ow gitu. kalau di al kitab itu ada bacaan gimana sih?"
"sebenarnya kalau dijelasin panjang ya,,aku juga enggak mungkin hafal. intinya sama dengan al quran. tapi kalau di Al Qur'an pakai tulisan arab tapi ada artinya kan. nahh,,,, alkitab gitu. ngerti gak sih lo?
"ngerti ngerti,,, maap deh jadi banyak tanya."
"ya gak apa-apa lah sharing apa salahnya." jawab el dengan suara senyum 
jujur aja nih. aku dan El hanya saling mengenal dengan via bbm atau telfon. ya, kita belum pernah ketemu satu kalipun saat proses perkenalan itu. Namun, akan selalu berusaha untuk ketemu. Tak diduga ternyata akhirnya aku dan El ketemu setelah 6 bulan hanya saling mengenal via suara dan tulisan aja. Dibulan penuh cinta yaitu february aku dan El bertemu untuk pertama kalinya. tepatnya di Jember. Perjalanan El untuk bertemu denganku cukup lama. Butuh waktu 24 jam dari jakarta untuk sampai di jember. Setelah pertemuan pertama di bulan february itu. Kita memutuskan untuk bertemu lagi yang ke 2, 3, 4 atau seterusnya. Meskipun hanya seminggu atau 10 hari saja bertemu dengan El. Pertemuan ini cukup mengobati rasa kangen ini. Selama hari-hari indah berdua itu. kita sering menghabiskan waktu jalan-jalan dan menikmati jajanan ataupun kuliner di jember. Sesekali aku berfikir kapan kita bisa seperti ini tiap waktu?? Seakan aku tak ingin El jauh dari ku lagi. Tak ingin El pulang ke jakarta. Aku ingin dia selalu ada disini. Disini bersamaku.
Aku merasa jalan ini terlalu berat untukku. LDR Long Distance Relationship” dengan jarak yang jauh aku harus menjaga semua ini agar tetap indah dan selalu indah. LDR Love Different Religion” perbedaan agama ini yang sangat berat untuk terima. Sulit untuk membuat dunia sendiri dunia kita. Yang ada hanya duniamu dan duniaku saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar